Senin, 06 April 2015

[BAB 6] MEMAHAMI KONSEP PASAR (PASAR)

Tugas Pengantar Ilmu Ekonomi
membuat 5 pertanyaan beserta jawabannya
Dosen : Ir. Atep Afia Hidaya, MP



MEMAHAMI KONSEP PASAR (PASAR)




Pertanyaan


Apa yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna dan apa saja karakteristiknya ?


Jawaban


Pasar persaingan sempurna merupakan salah satu pasar yang terdiri dari banyak pembeli dan penjual, namun demikian pembeli dan penjual secara individual atau perseorangan tidak dapat memengaruhi harga pasar. Pada pasar ini harga yang terbentuk merupakan cerminan dari keinginan penjual dan pembeli secara keseluruhan atau bersama-sama.
Pasar persaingan sempurna diklaim sebagai bentuk pasar yang paling ideal. Hal ini didasari oleh argumen bahwa pasar ini mampu menjamin terjadinya kegiatan produksi dengan sangat efisien. Walaupun dalam kenyataannya hampir tidak ada satu pun pasar yang bisa memenuhi seluruh sifat dari pasar persaingan sempurna.
Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang memiliki mobilitas sempurna dari sumber daya dan didukung oleh pengetahuan yang sempurna dari pembeli maupun penjual.  Dengan demikian kekuatan permintaan dan penawaran dapat bergerak secara bebas.


Contoh pasar persaingan sempurna antara lain adalah bursa efek atau pasar modal atau pasar uang.

Karakteristik Atau Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna
Beberapa ciri dari pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut:
a. Jumlah Pembeli dan Penjual Relatif Banyak
Karena jumlah penjual dan pembeli sangat banyak maka masing-masing pembeli dan penjual secara individual atau perseorangan tidak akan mampu memengaruhi harga pasar.
b. Barang dan Jasa yang Diperjualbelikan BersifatHomogen
Bersifat homogen berarti barang dan jasa yang diperjualbelikan memiliki ciri dan kualitas yang sama. Konsumen beranggapan bahwa antara barang dan jasa satu dengan yang lain tidak memiliki perbedaan.
c. Pembeli dan Penjual Mengetahui Keadaan Pasar dengan Sempurna
Pembeli dan penjual sama-sama mengetahui keadaan, kualitas dan harga barang maupun jasa yang akan ditransaksikan.
d. Pembeli dan Penjual Bebas Keluar Masuk Pasar
Pasar persaingan sempurna memberikan kebebasan bagi penjual untuk  berdagang dan pembeli untuk berbelanja.  Dengan kata lain, siapa pun bebas keluar masuk pasar.
e. Faktor-Faktor Produksi Bebas Bergerak
Dalam pasar ini, faktor-faktor produksi seperti bahan baku, tenaga kerja, mesin, dan pengusaha dapat bebas bergerak ke mana pun tanpa ada halangan.
f. Tidak Ada Campur Tangan Pemerintah
Pemerintah tidak turut campur dalam menentukan harga atau memberikan fasilitas khusus bagi produsen tertentu. Dengan demikian, mekanisme yang terjadi dalam pasar ini benar-benar bebas dari campur tangan pemerintah.
Konsekuensi dari ciri-ciri tersebut menyebabkan seorang  produsen tidak dapat mengubah harga pasar yang berlaku. Di sini, seorang produsen hanya sebagai pengambil harga atau price take. Dalam  jangka pendek produsen yang berada pada pasar persaingan sempurna dapat menentukan jumlah produksi yang dapat mendatangkan keuntungan maksimum. Hal tersebut dapat tercapai jika pendapatan marjinal atau MR sama dengan biaya marjinal atau MC dan juga sama dengan harga outputnya.


Pertanyaan

  Apa yang dimaksud dengan pasar monopoli? apa saja macam-macam dan ciri-cirinya? apa kekurangan serta kelebihannya? lalu, apa usaha pemerintah untuk mengatasi kekurangan tersebut ?


Jawaban

Pengertian Pasar monopoli adalah bentuk pasar yang hanya terdapat satu penjual saja. Dalam bentuk pasar ini hanya terdapat satu penjual sehingga praktis tidak ada pesaing (competitor) sehingga penjual atau monopolis leluasa menguasai pasar. Sebagai penjual tunggal, monopolis dapat meraih keuntungan yang melebihi normal.

Macam-macam pasar monopoli

  •   Alamiah : Muncul karena keadaan alam yang khas.
  •   Undang-Undang : Muncul karena pemberlakuan kebijakan atau Undang-Undang. 
Terdiri dari :
  •   Monopoli negara
  • Hak cipta
  • Hak paten
  • Hak merk
+ Masyarakat : Muncul karena kepercayaan masyarakat.
+ Penguasaan teknologi dan tenaga ahli : Muncul karena menguasai teknologi dan tenaga ahli.
+ Kemampuan efisiensi : Muncul karena mampu menghemat / biaya produksi.
+ Penguasaan bahan baku : Muncul karena menguasai bahan baku.

Ciri-ciri pasar monopoli

  1. Terdapat satu penjual.
  2. Harga ditentukan penjual (monopoli).
  3. Perusahaan lain sulit memasuki pasar.
  4. Konsumen tidak bisa pindah walau rugi.
  5. Bisa menimbulkan ketidakadilan/kerugian bagi masyarakat.

Kelebihan dan kekurangan pasar monopoli

 Kelebihan :

  1. Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk.
  2. dapat meningkatkan daya saing bilamonopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi.
  3. Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara.
  4. Dapat meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten.

Kekurangan :

  1. Perusahaan lain sulit memasuki pasar 
  2. Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
  3. Jumlah produk tergantung monopolis
  4. Monopolis umumnya bertindak boros
  5. Timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen

Usaha pemerintah mengatasi kekurangan pasar monopoli

  1. Membuat Undang-Undang atau peraturan yang mencegah timbulnya monopoli 
  2. Menarik pajak tinggi kepada monopolis
  3. Mengizinkan impor barang yang sama dengan barang monopolis
  4. Ikut menentukan tinggi rendahnya barang 
  5. Membuat perusahaan sejenis
Contoh Pasar Monopoli
Contoh Produk
microsoft windows, perusahaan listrik negara (PLN), perusahaan kereta api (PT.KAI)
Contoh Monopoli yang tidak di larang
Monopoli by Law
Monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.
Monopoli by Nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
Monopoli by Lisence
Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.

Pertanyaan

Apa yang dimaksud pasar monopolistik dan apa contoh produknya ?

 Jawaban

Pasar monopolistik adalah suatu bentuk pasar yang terdapat banyak perusahaan yang menjual hampir serupa tetapi tidak sama. Pasar ini sering kita jumpai buktinya dengan kita mengunjungi swalayan atau supermarket. Disana kita akan menjumpai berbagai bentuk, jenis dan merek yang hampir serupa tetapi tidak sama.

contoh produk :
 makanan ringan (snack), nasi goreng, pulpen, buku, shampoo, pasta gigi, dll.

Meskipun fungsi semua produknya sama , tetapi setiap produk yang dihasilkan produsen yang berbeda memiliki ciri khusus, misalnya perbedaan aroma, perbedaan warna, kemasan, dan lain-lain.