Pengaruh Lokasi Terhadap Tingkat Keberhasilan Usaha Bisnis
Kedai Kopi
Pengaruh Lokasi Terhadap Tingkat Keberhasilan Usaha Bisnis Kedai Kopi
Abstrak :
Kedai kopi sendiri
memiliki tantangan untuk tetap mempertahankan usahanya antara lain bagaimana
menjaga kualitas pelayanan agar dapat bersaing dengan produk serupa dan juga
produk pengganti lainnya yang saat ini semakin banyak bermunculan. Sehingga
harus berusaha untuk menjaga mutu kulitas produk itu sendiri. Perkembangan
usaha kedai kopi saat ini telah menjadi salah satu tren usaha yang banyak
digeluti orang, hal ini telah menginspirasi berbagai orang untuk membuka usaha
kedai kopi dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing kedai
kopi tersebut. Pengembangan warung kopi selain faktor rasa kopi yang dimiliki,
factor lain juga sangat berpengaruh terhadap konsumen yang datang. Lokasi merupakan salah satu faktor
dalam bauran pemasaran ritel yang dapat mempengaruhi keberhasilan usaha bisnis.
Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh lokasi terhadap tingkat
keberhasilan usaha Kedai Kopi.
Abstract :
Coffee shop it self has a
challenge to maintain its business, among others, how to maintain the quality
of service in order to compete with similar products and other substitute
products that today more and more popping up. So should strive to maintain the
quality of the product itself kulitas. Coffee shop business development today
has become one of the many business trends cultivated people, it has inspired
people to open a coffee shop business with a variety of advantages possessed by
each of the coffee shop. Development of a coffee shop in addition to the
factors owned coffee flavor, another factor also affects the consumers who
come. The location is one factor in the
marketing mix of retail that can affect the success of a business venture. This
article aims to identify the effect of the location of the level of business
success Coffee Shop.
Pendahuluan
Siapa
yang tidak kenal dengan Minuman Kopi, kopi bagi kebanyakan orang menjadi
pelengkap kehidupan sehari-hari. Kopi mengandung caffein yang dapat memicu
adrenalin sehingga peminumnya dapat lebih aktif dan bersemangat dalam
aktifitasnya. Peluang usaha Kedai kopi bisa dibilang semakin lama semakin
menjanjikan. Karena sekarang bukan hanya orang-orang tua saja yang sering minum
kopi di Kedai kopi. Anak-anak muda pun banyak yang sering minum kopi di kedai
kopi. Saat ini, tidak sedikit dari berbagai Kedai Kopi bermunculan untuk turut
bersaing dalam bisnis. Kedai Kopi baru tersebut biasanya muncul dengan berbagai
inovasi baru. Dan terkadang lokasi antar usaha yang beragam bahkan sejenis
tidak berjauhan. Hal tersebut tentu bukan merupakan kebetulan, melainkan karena
faktor kesengajaan dan faktor lainnya yang dianggap dapat memberikan
keuntungan. Penentuan lokasi usaha bisnis tentu menjadi hal penting saat
mendirikan Kedai Kopi. Karena lokasi dapat menentukan berkembang atau tidaknya
usaha tersebut di masa yang akan datang. Banyak dari Kedai Kopi yang gagal
dalam mengembangkan bisnisnya hanya karena salah dalam penentuan lokasi
usahanya. Karena terkadang, Kedai Kopi tidak terlalu mengutamakan masalah
lokasi, namun pemasarannya untuk bisa menarik perhatian para konsumennya.
Padahal, sebenarnya lokasi sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan usaha
bisnis kedai Kopi terutama di era sekarang ini dimana usaha-usaha bisnis Kedai
Kopi bersaing dengan sangat ketatnya.
Permasalahan
- Apa
pengaruh lokasi usaha terhadap kinerja usaha?
- Apa kunci
sukses pemilihan lokasi kedai kopi terhadap tingkat keberhasilan
usaha bisnis?
- Apa
dampak apabila salah dalam pemilihan lokasi usaha?
Pembahasan
Hasil
Penelitian menunjukan bahwa faktor lokasi usaha tidak mempunyai pengaruh
langsung yang signifikan dan positif terhadap kinerja usaha. Lokasi usaha yang
dicerminkan melalui keberadaan sarana dan prasarana fisik yang memadai, seperti
: transportasi, distribusi, komunikasi dan energi disekitar tempat usaha,
tingkat potensi perekonomian di tempat usaha, kekuatan daya beli masyarakat,
dan ketersediaan bahan baku di sekitar lingkungan usaha, tidak mempengaruhi
terhadap kinerja usaha. Hasil penelitian Oleh Bambang Hermanto (2008) ini
didukung oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh wibowo (1998) yang
menyatakan bahwa bedasarkan kajian lokasional sebagai upaya untuk menganalisis
ada lemahnya pengaruh lokasi dalam membentuk keberhasilan usaha kecil menengah.
Pengaruh lokasi yang dominan adalah untuk kedekatan dengan bahan baku dan
pasar, namun hal ini harus lebih menekankan pada adanya perbedaan jenis
komoditi yang penting dalam pelokasian usaha.
Memilih
tempat strategis, itulah pentingnya pemilihan tempat dalam usaha kedai kopi.
Jika anda ingin memulai bisnis kedai kopi yang berhasil maka anda mesti memilih
tempat atau lokasi usaha yang mudah dijangkau banyak orang dan letaknya
strategis sehingga usaha kedai kopi anda akan ramai didatangi para konsumen.
Lokasi usaha kedai kopi yang strategis adalah di dekat tempat umum seperti
mall, alun-alun, pasar, pusat perbelanjaan, taman, pinggir jalan, kampus dan
lain sebagainya. Selain itu, yang perlu anda jaga adalah kebersihan lokasi
usaha supaya para konsumen merasa nyaman dan betah berlama-lama di kedai kopi
anda. Lalu yang perlu diperhatikan adalah anda harus mendesain ruangan usaha
kedai kopi anda semenarik mungkin.
Apabila
kedai kopi tepat dalam menentukan lokasinya, tentu hal tersebut akan memberikan
dampak positif bagi kedai itu sendiri seperti meningkatnya pendapatan, dan sebagainya.
Namun, jika kedai kopi salah dalam menentukan lokasinya, hal tersebut justru
akan memberikan dampak yang negatif seperti rendahnya daya jual minuman kopi, menurunnya
pendapatan, bahkan yang lebih parah kedai kopi tersebut bisa mengalami
kegagalan dalam bisnisnya. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya analisis
dan perhatian kedai kopi terhadap faktor-faktor yang ada disekitar Lingkungan lokasi
tersebut. Rendahnya daya jual dikarenakan kurangnya konsumen yang ada disekitar
lokasi tersebut, atau juga bisa disebabkan kurangnya kemampuan masyarakat
disekitar lokasi untuk mengkonsumsi produk minuman kopi pada kedai kopi.
Kesimpulan
Daftar Pustaka
http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2029
Pengaruh
Lokasi Usaha , Karakteristik Bisnis Terhadap Strategi Bisnis, Dan Kinerja Usaha
Indsutri Kecil Disumatra Utara Oleh : Bambang Hermanto FE-Universitas Negri
Menado 2008
http://www.matapencaharian.com/tips-sukses-menjalankan-usaha-kedai-kopi.html