Selasa, 07 April 2015

ARTIKEL TENTANG BISNIS [PENGANTAR EKONOMI]

Pengaruh Lokasi Terhadap Tingkat Keberhasilan Usaha Bisnis Kedai Kopi


Abstrak :


Kedai kopi sendiri memiliki tantangan untuk tetap mempertahankan usahanya antara lain bagaimana menjaga kualitas pelayanan agar dapat bersaing dengan produk serupa dan juga produk pengganti lainnya yang saat ini semakin banyak bermunculan. Sehingga harus berusaha untuk menjaga mutu kulitas produk itu sendiri. Perkembangan usaha kedai kopi saat ini telah menjadi salah satu tren usaha yang banyak digeluti orang, hal ini telah menginspirasi berbagai orang untuk membuka usaha kedai kopi dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing kedai kopi tersebut. Pengembangan warung kopi selain faktor rasa kopi yang dimiliki, factor lain juga sangat berpengaruh terhadap konsumen yang datang. Lokasi merupakan salah satu faktor dalam bauran pemasaran ritel yang dapat mempengaruhi keberhasilan usaha bisnis. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh lokasi terhadap tingkat keberhasilan usaha Kedai Kopi.

Abstract :


Coffee shop it self has a challenge to maintain its business, among others, how to maintain the quality of service in order to compete with similar products and other substitute products that today more and more popping up. So should strive to maintain the quality of the product itself kulitas. Coffee shop business development today has become one of the many business trends cultivated people, it has inspired people to open a coffee shop business with a variety of advantages possessed by each of the coffee shop. Development of a coffee shop in addition to the factors owned coffee flavor, another factor also affects the consumers who come. The location is one factor in the marketing mix of retail that can affect the success of a business venture. This article aims to identify the effect of the location of the level of business success Coffee Shop.



Pendahuluan


Siapa yang tidak kenal dengan Minuman Kopi, kopi bagi kebanyakan orang menjadi pelengkap kehidupan sehari-hari. Kopi mengandung caffein yang dapat memicu adrenalin sehingga peminumnya dapat lebih aktif dan bersemangat dalam aktifitasnya. Peluang usaha Kedai kopi bisa dibilang semakin lama semakin menjanjikan. Karena sekarang bukan hanya orang-orang tua saja yang sering minum kopi di Kedai kopi. Anak-anak muda pun banyak yang sering minum kopi di kedai kopi. Saat ini, tidak sedikit dari berbagai Kedai Kopi bermunculan untuk turut bersaing dalam bisnis. Kedai Kopi baru tersebut biasanya muncul dengan berbagai inovasi baru. Dan terkadang lokasi antar usaha yang beragam bahkan sejenis tidak berjauhan. Hal tersebut tentu bukan merupakan kebetulan, melainkan karena faktor kesengajaan dan faktor lainnya yang dianggap dapat memberikan keuntungan. Penentuan lokasi usaha bisnis tentu menjadi hal penting saat mendirikan Kedai Kopi. Karena lokasi dapat menentukan berkembang atau tidaknya usaha tersebut di masa yang akan datang. Banyak dari Kedai Kopi yang gagal dalam mengembangkan bisnisnya hanya karena salah dalam penentuan lokasi usahanya. Karena terkadang, Kedai Kopi tidak terlalu mengutamakan masalah lokasi, namun pemasarannya untuk bisa menarik perhatian para konsumennya. Padahal, sebenarnya lokasi sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan usaha bisnis kedai Kopi terutama di era sekarang ini dimana usaha-usaha bisnis Kedai Kopi bersaing dengan sangat ketatnya.

Permasalahan


  1. Apa pengaruh lokasi usaha terhadap kinerja usaha?
  2. Apa kunci sukses pemilihan lokasi kedai kopi terhadap tingkat keberhasilan usaha bisnis?
  3. Apa dampak apabila salah dalam pemilihan lokasi usaha?

Pembahasan


Hasil Penelitian menunjukan bahwa faktor lokasi usaha tidak mempunyai pengaruh langsung yang signifikan dan positif terhadap kinerja usaha. Lokasi usaha yang dicerminkan melalui keberadaan sarana dan prasarana fisik yang memadai, seperti : transportasi, distribusi, komunikasi dan energi disekitar tempat usaha, tingkat potensi perekonomian di tempat usaha, kekuatan daya beli masyarakat, dan ketersediaan bahan baku di sekitar lingkungan usaha, tidak mempengaruhi terhadap kinerja usaha. Hasil penelitian Oleh Bambang Hermanto (2008) ini didukung oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh wibowo (1998) yang menyatakan bahwa bedasarkan kajian lokasional sebagai upaya untuk menganalisis ada lemahnya pengaruh lokasi dalam membentuk keberhasilan usaha kecil menengah. Pengaruh lokasi yang dominan adalah untuk kedekatan dengan bahan baku dan pasar, namun hal ini harus lebih menekankan pada adanya perbedaan jenis komoditi yang penting dalam pelokasian usaha.

Memilih tempat strategis, itulah pentingnya pemilihan tempat dalam usaha kedai kopi. Jika anda ingin memulai bisnis kedai kopi yang berhasil maka anda mesti memilih tempat atau lokasi usaha yang mudah dijangkau banyak orang dan letaknya strategis sehingga usaha kedai kopi anda akan ramai didatangi para konsumen. Lokasi usaha kedai kopi yang strategis adalah di dekat tempat umum seperti mall, alun-alun, pasar, pusat perbelanjaan, taman, pinggir jalan, kampus dan lain sebagainya. Selain itu, yang perlu anda jaga adalah kebersihan lokasi usaha supaya para konsumen merasa nyaman dan betah berlama-lama di kedai kopi anda. Lalu yang perlu diperhatikan adalah anda harus mendesain ruangan usaha kedai kopi anda semenarik mungkin.

Apabila kedai kopi tepat dalam menentukan lokasinya, tentu hal tersebut akan memberikan dampak positif bagi kedai itu sendiri seperti meningkatnya pendapatan, dan sebagainya. Namun, jika kedai kopi salah dalam menentukan lokasinya, hal tersebut justru akan memberikan dampak yang negatif seperti rendahnya daya jual minuman kopi, menurunnya pendapatan, bahkan yang lebih parah kedai kopi tersebut bisa mengalami kegagalan dalam bisnisnya. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya analisis dan perhatian kedai kopi terhadap faktor-faktor yang ada disekitar Lingkungan lokasi tersebut. Rendahnya daya jual dikarenakan kurangnya konsumen yang ada disekitar lokasi tersebut, atau juga bisa disebabkan kurangnya kemampuan masyarakat disekitar lokasi untuk mengkonsumsi produk minuman kopi pada kedai kopi.

Kesimpulan


Daftar Pustaka


http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2029
Pengaruh Lokasi Usaha , Karakteristik Bisnis Terhadap Strategi Bisnis, Dan Kinerja Usaha Indsutri Kecil Disumatra Utara Oleh : Bambang Hermanto FE-Universitas Negri Menado 2008
http://www.matapencaharian.com/tips-sukses-menjalankan-usaha-kedai-kopi.html